Friday 8 September 2017

Aerox 155VVA rentan terhadap banjir


      Aerox 155VVA merupakan motor keluaran terbaru yamaha dikelas metic yang dibekali dengan teknologi terbaru dari yamaha. Untuk performa mesin Aerox memang mumpuni apalagi dengan teknologi VVA yang terpasang di motor tersebut membuat performa mesin Aerox stabil diputaran atas maupun rendah.


Tapi kali ini saya akan membahas bagaimana bila Aerox 155VVA digunakan untuk melewati medan yang banjir atau tergenang oleh banjir apakah aman-aman saja atau akan menyebabkan masalah.

Kalo boleh dibilang semua motor pasti akan beresiko saat digunakan melewati medan yang banjir atau terendam banjir, tapi entah kenapa untuk motor Aerox 155VVA ini sangat rentan sekali terhadap banjir/air. 

Kenapa saya bilang begitu?

Karena sudah banyak motor Aerox 155VVA atau N max yang mengalami kerusakan setelah digunakan melewati medan banjir atau terandam banjir saja. Saya menyebutkan N max juga karena kedua motor tersebut dibekali dengan mesin yang sama. Kerusakan yang pasti terjadi bila melewati medan yang banjir mulai dari stang pistonnya bengkok, ECU konslet/rusak dan yang paling parahnya dapan menyebabkan stang pistonnya patah sehingga menghantam ke crankcasenya dan menyebabkan crankcase pecah.


Hal ini disebabkan karena water hammer, dimana air masuk keruang bakar karena sifat air yang tidak bisa dikompresi maka terjadi tumbukan antara piston dengan air yang menyebabkan stang piston bengkok bila dibiarkan maka akan mengakibatkan stang piston patah akhirnya menabrak ke crankcase dan membuat crankcase pecah. Walaupun awalnya bengkoknya cuma sedikit akan tetap berakibat sama karena bila stang piston bengkok gerak maju mundur piston menjadi tidak mulus bahkan bisa menumbuk dinding cylinder. Karena mesin berputar dengan kecepatan tinggi pada saat kebengkokannya sudah mencapai batas yang harusnya stang piston mendorong maju dan mundur piston tapi karena kondisi stang bengkok piston tidak mau didorong maju/ mundur sedangkan poros engkol/bandulannya tetap berputar hal ini menyebabkan patahnya stang piston.

Bagaimana airnya bisa masuk ke ruang bakar???

"Menurut pendapat saya air masuk keruang bakar dari saringan udara kemudian masuk ke throttle body dan keruang bakar." 

Kalo ditanya kenapa motor matic yamaha yang keluaran lebih dahulu tidak pernah mengalami masalah ini mungkin disebabkan kontruksi mesin yang sudah pasti berbeda dimana motor dahulu memiliki kontruksi mesin yang membuat air susah masuk keruang bakar atau mungkin kualitas bahan yang berbeda dimana motor dahulu memiliki kualitas bahan yang lebih baik. Kalo untuk kualitas bahan hanya pabrikannya sendiri yang tahu.

Masalah kedua ECU lebih mudah rusak bila terkena banjir karena posisi ECU pada Aerox 155VVA terletak diposisi bawah dan kurangnya pengaman sehingga lebih mudah terjadi konslet bila terkena air. Apalagi untuk Aerox 155VVA ECUnya menjadi satu dengan kiprok. ECUnya juga berfungsi untuk memerintahkan start awal karena pada Aerox 155VVA sudah menggunakan Smart Motor Generator(SMG) dimana sudah tidak menggunakan dinamo stater lagi.


Posisi ECUnya dibelakang spakbor depan dan bisa dilihat kalo penempatan posisi ECUnya rendah sehingga bila ada banjir sangat rentan terkena air sehingga dapat menyebabkan konsleting di dalam ECU. 

Apakah ada batasan tinggi banjir yang bisa di lewati???

" Untuk seberapa tinggi banjir yang bisa dilewati saya sendiri kurang tau. Biasanya di pabrikan juga dites melewati genangan air tapi perbedaan sama dilapangannya sangat jauh. Karena saat dilapangan ada arus air dan pasti ada berselisihan dengan orang kendaraan lain. Dan akibat dari banjir ini tidak langsung terjadi. Biasanya ada jarak waktunya ini bisa minggu atau bulan bahkan ada yang dalam hitungan hari saja."

Ada beberapa ciri bila kondisi stang piston mengalami bengkok:

1. Suara mesin menjadi lebih kasar

Karena bila stang piston bengkok pasti gerak piston menjadi tidak mulus dan terjadi gesekan antara piston dan dinding cylinder.
2. Terdapat asap putih tipis

Hal ini dikarenakan kondisi piston dan dinding cylinder yang sudah mulai baret sehingga ada oli yang ikut terbakar dan menimbulkan asap putih.

Berikut diatas adalah resiko bila memaksakan motor Aerox 155VVA untuk menerobos banjir atau cuma terendam banjir. Saya cuma bisa menyarankan agar lebih hati-hati saja bila ada alternatif lain sebaiknya gunakan alternatif lain daripada dipaksakan dan berimbas dengan mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Paling sering di lihat