Tuesday 5 September 2017

R15 lampu injeksi nyala




     Semua pasti sudah mengetahui produk keluaran yamaha yang satu ini. Yup yamaha R15 yang dikeluarkan oleh yamaha pertama kali pada tahun 2014 merupakan motor dikelas sport yang dilengkapi dengan full fairing. Tapi untuk kali ini saya tidak akan membahan mengenai fairing.


Disini saya akan membahas mengenai problem yang mulai banyak di alami oleh para pemilik R15 yaitu lampu indikator injeksi kadang-kadang menyala saat jalan kemudian mati sendiri. Sudah diketahui umum bahwa bila lampu injeksi menyala berarti ada masalah dikendaraan tersebut. Nah disini masalahnya lampu indikator injeksinya menyala kadang-kadang saja, apa mungkin bisa dicek secara manual. 

Jawabannya: tidak, karena bila lampu indikator injeksi menyala kadang-kadang saja ECU tidak menganggap bahwa itu bermasalah. Tetapi ECU tetap merekam dan menyimpan data saat lampu indikator injeksi tersebut menyala, jadi diperlukan alat untuk mengeceknya. Biasanya bengkel resmi memiliki alat untuk mengeceknya, tetapi sekarang mulai banyak bengkel umum yang memiliki alat untuk mengecek problem motor injeksi karena tuntutan kemajuan teknologi dimana sekarang semua merk mengeluarkan produk dengan menggunakan sistem injeksi.

       Nah kembali kemasalah lampu indikator injeksi kadang-kadang menyala tadi setelah melakukan pengecekan dikendaraan yang mengalami problem ternyata hal ini disebabkan oleh sistem pengisian yang kadang-kadang tidak normal sehingga saat pengisian melebihi atau kurang dari standartnya ECU akan mengidikasikan dengan cara menyalakan lampu indikator injeksi dan saat pengisian normal maka ECU juga menerima data bahwa pengisian sudah normal maka ECU mematikan lampu indikator injeksi menandakan bahwa Sistem pengisian sudah normal kembali. Letak masalah pada problem ini terletak pada kiproknya. Di problem ini kiprok kadang-kadang tidak membatasi arus pengisian ke Aki sehingga pengisian ke Aki mengalami overload/berlebih menyebabkan aki panas atau paling parahnya dapat menyebabkan aki soak dan tidak bisa dipakai lagi. Dimana membatasi tegangan adalah salah satu fungsi utama dari kiprok, karena jika kiprok sudah tidak bisa lagi membatasi tegangan pengisian menandakan bahwa kiproknya rusak.



Pada kasus yang ini pengisian mencapai 15,25 volt. Dimana tegangan tersebut melebihi batas stardart pengisian aki. Jadi pada kasus ini kiprok tidak membatasi tegangan pengisian ke aki. 

Kan problemnya kadang-kadang saja berpengaruh ke aki atau tidak???

Jawabannya: Lama-kelamaan pasti akan berefek ke akinya mulai dari aki lebih cepat panas,tegangan aki menurun,penyimpanan aki tidak maksimal dan hal yang paling parah dapat menyebabkan aki soak/tidak bisa dipakai lagi. 

Untuk posisi kiprok pada motor R15 teletak dibagian depan kendaraan dibawah windshield/kaca depan.




Untuk penggatian kiproknya kunci yang diperlikan L5,obeng + dan kunci t10. Memang tidak memerlukan banyak kunci untuk melekukan penggantian kiproknya. Tapi perlu hati-hati saat pelepasaan dan pemasangan kaca depannya bila ingin melakukan penggatian karena penguncinya mudah patah.

Untuk harga kiproknya di dealer resmi Rp 288.000,-. Kalo untuk dibengkel umum tergantung pemiliknya mau menjual berapa karena mereka sendiri yang menentukan harganya.


Semoga dapat bermanfaat.

1 comment:

  1. The Casino at Foxwoods Resort, CA Jobs, Employment | KJR
    Foxwoods Resort 경상북도 출장샵 Casino provides resort services 익산 출장마사지 for entertainment, dining, hotel, hotel, 제주도 출장마사지 and 나주 출장샵 more. · Visit KJR now for 대전광역 출장샵 job security,

    ReplyDelete

Paling sering di lihat