Wednesday 4 October 2017

Vixion brebet

           Kalo bicara mengenai problem pada kendaraan bermotor memang tidak ada habisnya mulai dari ini itu dan lain-lainnya. Tetapi pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai problem yang di alami motor vixion.

Mungkin sobat yang memakai motor vixion pernah mengalami saat berkendara motor jalannya nyendat-nyendat atau kadang seperti tidak ada tenaganya. Bila hal ini terjadi maka kendaraan pasti tidak nyaman untuk dikendarai dan membuat sobat was-was bila ingin mendahului kendaraan lain.

Motor vixion brebet dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut:

1. Busi

        Kondisi busi yang lama tidak diganti akan menyebabkan elektrodanya habis,hal ini akan mengakibatkan pengapiannya tidak sempurna dan membuat motor nyendat atau bahkan bisa mogok. Pemakaian busi yang tidak sesuai speknya juga berpengaruh ke pengapiannya. Jadi sebaiknya gunakanlah busi yang memang sesuai speknya, karena setiap kendaraan bermotor berbeda spek businya. Biasanya jarak pergantian busi untuk motor per 6000km.

2. Fuel pump/pompa minyak

      Karena motor vixion sudah menggunakan sistem injeksi maka di tangki bahan bakarnya pasti terdapat pompa minyak. Fungsi dari pompa minyak adalah memompa bahan bakar dari tangki ke injector. Cek tekanan pompa bahan bakarnya karena setiap kendaraan memiliki tekanan pompa bahan bakar yang berbeda-beda. Bila tekanannya dibawah 200kpa sebaiknya ganti pompa minyaknya. Bila tekanan pompa minyaknya diatas 250kpa cek kondisi saringan bahan bakarnya.


     Jika saringan bahan bakarnya kotor suplai bahan bakar ke injector akan kurang, hal ini menyebabkan motor brebet.  Bersihkan atau ganti saringan bahan bakarnya. Untuk Vixion NVL dan diatasnya saringan bahan bakarnya bisa diganti, sedangkan untuk Vixion old bila mau menggati saringan bahan bakarnya harus satu set dengan pompa minyaknya. Hal ini juga dipengaruhi oleh kualitas bahan bakar yang dipakai dan tempat pengisian bahan bakarnya.

Bila kondisi bahan bakar yang buruk atau terdapat kotoran akan menyebabkan cepat tersumbatnya saringan bahan bakar dan imbasnya akan merusak pompa minyaknya.

3. Kepala busi

       Fungsi dari kepala busi adalah menyalurkan tegangan dari koil ke busi. Jika kondisi kepala busi terdapat kerak atau longgar maka tegangan yang disalurkan kebusi tidak akan maksimal. Jadi pastikan kondisi kepala busi tidak longgar ataupun terdapat banyak keraknya. Bila kondisi kepala busi sudah tidak layak sebaiknya ganti kepala businya.

4. Sistem pengisian

       Pada motor injeksi sistem pengisian sangat berefek karena jika sistem pengisiannya tidak normal maka akan berimbas ke komponen lainnya. Yang paling pertama terkena efeknya adalah Aki. Karena aki befungsi sebagai penyimpanan dan penyuplai arus. Hal ini juga dapat mengakibatkan motor brebet. Untuk melakukan pengecekan pada sistem pingisian diperlukan multi taster. Hal ini biasanya ditandai dengan menyalanya lampu MIL/Check Engine.

Untuk Vixion old part yang sering bemasalah adalah kiprok dan spulnya,sedangkan untuk Vixion NVL hanya spulnya saja. Untuk Vixion NVL ditandai dengan bunyi dengung dan lampu depan baru menyala saat mesin di gas.

5. Coolant temperature sensor

     Untuk problem pada yang satu ini paling sering terjadi pada Vixion old. Biasanya putaran langsam mesin tidak normal disertai bau bahan bakar yang terbuang. Bila melakukan pengecekan dengan software biasanya suhu mesin dibawah suhu ruangan atau bahkan sampai minus. Hal ini mengakibatkan suplai bahan bakar diperbanyak oleh ECU. Hal ini ditandai juga dengan menyalanya lampu MIl/Check Engine.


6. Injector

       Injector berfungsi untuk menyeprotkan bahan bakar keruang bakar sesui perintah ECU. Injector yang kondisinya baik semprotannya tidak pecah. Bila semprotannya pecah maka perlu dilakukan pergantian injectornya atau mungkin bisa dicoba untuk membersihkannya terlebih dahulu.


Bila dicek menggunakan injector taster semprotannya 70ml selama 60 detik. Bila kurang bisa jadi injector itu kotor atau mungkin sudah rusak injectornya.

7. Filter udara

    Filter udara seperti hidung bagi kita jika kondisi filter udara tersumbat maka udara yang masuk akan sedikit. Sama seperti kita bila hidung kita tersumbat buat bernafas aja ngos-ngosan. Hal itu jaga berlaku pada kendaraan bermotor, jika filter udara tersumbat maka udara yang masuk sedikit menyebabkan pembakaran tidak sempurna tenaga yang dihasilkan pun loyo.

     Berikut diatas adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan motor Vixion brebet atau nyendat. Diatas terdapat part yang ada interval pergantiannya seperti busi dan filter udara. Tapi semua juga tergantung medan yang ditempuh. Seperti filter udara biasanya akan lebih cepat kotor bila digunakan di medan yang berdebu.

     Sekian dulu dari saya bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan saya mohon maaf.



No comments:

Post a Comment

Paling sering di lihat