Wednesday 11 July 2018

Water hammer pada kendaraan bermotor

       Hai sobat semua pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi mengenai apa itu water hammer pada kendaraan bermotor. mungkin ada dari sobat semua yang sudah sering mendengar istilah ini namun tidak tau.



  Apa water hammer itu?

      Water hammer adalah istilah yang digunakan dalam industri otomotif dimana air terkompresi diruang bakar, dikarenakan air tidak bisa dikompresi hal ini mengakibatkan tumbukan diruang bakar yang dapat mengakibatkan stang piston bengkok dan kerusakan pada piston.

Apa yang terjadi bila hal ini dibiarkan?

     Apabila hal ini dibiarkan akan mengakibatkan kerusakan pada kompenen mesin kendaraan dan yang paling parahnya dapat mengakibatkan mesin pecah. Hal ini dikarenakan pada saat stang piston bengkok gerak piston menjadi tidak mulus/terjadi tumbukan pada dinding cylinder bila hal ini dibiarkan berkelanjutan maka kebengkokan stang piston akan semakin parah dan saat kebengkokan stang piston sudah maksimal akan mengakibatkan stang piston patah. Bila stang piston patah maka pasti akan mengakibatkan mesin pecah karena hantaman dari stang piston.

ini kondisi stang bengkok
Bagaimana hal ini bisa terjadi?

    Hal ini bisa terjadi bila kendaraan digunakan untuk menerobos banjir atau cara pencucian kendaraan yang tidak benar. Tetapi yang sering terjadi dilapangan penyebab terjadinya water hammer dikarenakan menerobos banjir. Ini dapat terjadi karena saat melewati banjir air ikut terhisap melalui saringan udara kemudian masuk ke ruang bakar. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua dapat bepotensi terjadi water hammer terlebih lagi kendaraan roda dua matic yang posisi saringan udaranya terletak dibawah berpotensi lebih besar mengalami water hammer saat digunakan untuk melewati banjir.

  Ada baiknya langsung melakukan pengecekan kendaraan yang mogok saat digunakan untuk melewati banjir dibengkel langganan sobat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Hal ini biasanya ditandai dengan:

1. Oli mesin bercampur dengan air

   oli mesin yang bercampur dengan air biasanya akan berwarna putih.

2. Berasap putih saat digunakan

   bila kendaraan mulai mengeluarkan asap putih saat digunakan setelah melewati banjir berarti kondisi piston mulai cacat.

3. Suara mesin menjadi kasar

    hal ini terjadi karena tumbukan piston kedinding cylinder akibat stang piston bengkok.

    Sekian dulu dari saya semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat semua .Bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan silahkan tambahkan dikolom komentar. 


terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Paling sering di lihat